| | | | | | |
No | Nama MK | Kode MK | DESKRIPSI MATA KULIAH YANG DITAWARKAN MBKM DI PRODI LAIN DI UNISA YOGYAKARTA | Penempatan semester | Bobot sks total | Jumlah daya tampung mahasiswa |
1 | Manajemen Proyek Teknologi Informasi | TIK5027 | Manajemen proyek TI merupakan kegiatan sumber daya yang tersedia dari sebuah proyek pengembangan solusi TI sehingga dapat dihasilkan suatu sistem solusi yang memenuhi obyektif yang telah ditetapkan. Sumber daya proyek TI yang dimaksud disini mencakup Sumber Daya Manusia, peralatan dan fasilitas kerja (baik hardware maupun software), dana, dan logistik. | 5 | 3 | 10 (semua Prodi) |
2 | Sistem Informasi Rumah Sakit | TIK5030 | Mata Kuliah Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS), mahasiswa akan belajar konsep Sistem Informasi Kesehatan Di Indonesia dan SIRS. Dalam pengembangan sistem informasi tersebut diperlukan pemahaman terkait definisi dan layanan yang diberikan oleh rumah sakit serta kebijakan yang diperlukan dalam membangun SIMRS. Konsep dasar sistem informasi/terknologi informasi, manajemen proyek dan tata kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di rumah sakit. Untuk mencapai kesuksesan implementasi SIRS, selain pengetahuan teknis, dalam pengembangan SIRS diperlukan pemahaman yang mendalam terkait tantangan non teknis yang akan dihadapi oleh manajemen | 5 | 2 | 10 (Prodi Manajemen, Prodi Akuntansi, Prodi Kebidanan dan Keperawatan ) |
3 | Pemrograman Perangkat Bergerak | TIK0052 | Perangkat Bergerak merupakan perangkat yang penggunaan meningkat sangat pesat. Mata Kuliah ini membahas bagaimana membuat program di perangkat bergerak beserta teknologinya. Mata Kuliah dibagi menjadi 3 topik: pemrograman perangkat bergerak di Android, pemrograman perangkat bergerak di iOS/iPadOS, dan pemrograman perangkat bergerak menggunakan platform Hybdrid seperti React Native/Flutter. | 5 6 7 | 3 | 10 (semua Prodi) |
4 | Kecerdasan Buatan | TIK4023 | Mata kuliah kecerdasan buatan adalah mata kuliah yang mempelajari kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi Matakuliah ini berfokus materi Pengenalan kecerdasan buatan, Masalah dan ruang keadaan, Teknik pelacakan dan pencarian, Representasi Pengetahuan, Ketidakpastian, Meachine Learning, Sistem pakar, Logika fuzzy, Jaringan syaraf tiruan, Natural language processing (NLP), Robotika dan Sensor, Computer Vision, Algoritma genetika, Aplikasi kecerdasan buatan di bidang kesehatan. | 6 | 3 | 10 (semua Prodi) |
5 | Teknologi Informasi Kesehatan | TIK6036 | Mata kuliah ini membahas tentang teknologi informasi di bidang kesehatan beserta dasar-dasarnya. Bidang yang dipelajari adalah gizi, keperawatan, teknik laboratoriummedis, kebidanan, fisioterapi, dan radiologi. Matakuliah ini difokuskan pada bidang kesehatan diatas dengan rincian materi seperti 1) Pengenalan zat gizi dan perhitungan status gizidan aplikasi nutrisurvey, 2) Standar Pelayanan Kebidanan dan Rekam Medis Kebidananserta aplikasi pemantauan kehamilan, 3) Mengenal Dunia Keperawatandan Peranan Teknologi Informasi dalam Pelayanan Keperawatan, 4) Pengenalan AI di Genose, OptiLab, Gen 5 dan Image J | 6 | 3 | 10 (Prodi di FIKES) |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
No | Nama MK | Kode MK | DESKRIPSI MATA KULIAH YANG DITAWARKAN MBKM DI PRODI DI LUAR UNISA YOGYAKARTA | Penempatan semester | Bobot sks total | Jumlah daya tampung mahasiswa |
1 | Manajemen Proyek Teknologi Informasi | TIK5027 | Manajemen proyek TI merupakan kegiatan sumber daya yang tersedia dari sebuah proyek pengembangan solusi TI sehingga dapat dihasilkan suatu sistem solusi yang memenuhi obyektif yang telah ditetapkan. Sumber daya proyek TI yang dimaksud disini mencakup Sumber Daya Manusia, peralatan dan fasilitas kerja (baik hardware maupun software), dana, dan logistik. | 5 | 3 | 10 |
2 | Sistem Informasi Rumah Sakit | TIK5030 | Mata Kuliah Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS), mahasiswa akan belajar konsep Sistem Informasi Kesehatan Di Indonesia dan SIRS. Dalam pengembangan sistem informasi tersebut diperlukan pemahaman terkait definisi dan layanan yang diberikan oleh rumah sakit serta kebijakan yang diperlukan dalam membangun SIMRS. Konsep dasar sistem informasi/terknologi informasi, manajemen proyek dan tata kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di rumah sakit. Untuk mencapai kesuksesan implementasi SIRS, selain pengetahuan teknis, dalam pengembangan SIRS diperlukan pemahaman yang mendalam terkait tantangan non teknis yang akan dihadapi oleh manajemen | 5 | 2 | 10 |
3 | Pemrograman Perangkat Bergerak | TIK0052 | Perangkat Bergerak merupakan perangkat yang penggunaan meningkat sangat pesat. Mata Kuliah ini membahas bagaimana membuat program di perangkat bergerak beserta teknologinya. Mata Kuliah dibagi menjadi 3 topik: pemrograman perangkat bergerak di Android, pemrograman perangkat bergerak di iOS/iPadOS, dan pemrograman perangkat bergerak menggunakan platform Hybdrid seperti React Native/Flutter. | 5 6 7 | 3 | 10 |
4 | Kecerdasan Buatan | TIK4023 | Mata kuliah kecerdasan buatan adalah mata kuliah yang mempelajari kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi Matakuliah ini berfokus materi Pengenalan kecerdasan buatan, Masalah dan ruang keadaan, Teknik pelacakan dan pencarian, Representasi Pengetahuan, Ketidakpastian, Meachine Learning, Sistem pakar, Logika fuzzy, Jaringan syaraf tiruan, Natural language processing (NLP), Robotika dan Sensor, Computer Vision, Algoritma genetika, Aplikasi kecerdasan buatan di bidang kesehatan. | 6 | 3 | 10 |
5 | Teknologi Informasi Kesehatan | TIK6036 | Mata kuliah ini membahas tentang teknologi informasi di bidang kesehatan beserta dasar-dasarnya. Bidang yang dipelajari adalah gizi, keperawatan, teknik laboratoriummedis, kebidanan, fisioterapi, dan radiologi. Matakuliah ini difokuskan pada bidang kesehatan diatas dengan rincian materi seperti 1) Pengenalan zat gizi dan perhitungan status gizidan aplikasi nutrisurvey, 2) Standar Pelayanan Kebidanan dan Rekam Medis Kebidananserta aplikasi pemantauan kehamilan, 3) Mengenal Dunia Keperawatandan Peranan Teknologi Informasi dalam Pelayanan Keperawatan, 4) Pengenalan AI di Genose, OptiLab, Gen 5 dan Image J | 6 | 3 | 10 |
6 | Keamanan Komputer dan Jaringan | TIK0045 | Matakuliah Keamanan komputer dan Jaringan mengajarkan sistem keamanan perangkat lunak yang menjadi inti kinerja dari suatu komputer. Matakuliah ini juga mengajarkan dasar-dasar ilmu komputer untuk mengamankan jaringan dan sistem operasi dan wawasan perkembangan teknologi network security. Metode yang digunakan untuk menyampaikan bahan kajian tersebut antara lain Small Group Discussion, Role-Play and Simulation, Case Study, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning dan Project Based Learning. Untuk mengetahui pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan maka dilakukan berbagai cara dan bentuk penilaian seperti membuat karya tulis atau makalah, presentasi, ujian tes tertulis maupun lisan. | 5 6 7 | 3 | 10 |
7 | Komputasi Awan | TIK0047 | Matakuliah Komputasi Awan mengajarkan suatu konsep untuk mengakses data dan aplikasi darimana dan dimanapun berada melalui Internet (dalam hal ini dianalogikan dengan Cloud). Cloud akan menyimpan data-data tersebut untuk kemudian bisa diakses pengguna tanpa berorientasi pada penyimpanan lokal (Hard Drive, Local Server, etc). Kuliah ini akan mempelajari materi yang meliputi : Paradigma Komputas Awan, Sistem paralel dan terdistribusi, Inftastruktur Komputasi Awan (IaaS, PaaS, SaaS), Pembangunan berbagai jaringan cloud , Aplikasi Komputas Awan, Layanan Web di Komputasi Awan, Virtualisasi, Penjadwalan dan manajemen sumberdaya cloud, Sistem Penyimpanan, Keamanan dalam Komputas Awan, Tantangan pada Komputasi Awan dan evolusinya, Complex Systems and Self-Organization, Cloud Application Development. Evaluasi pada kuliah ini meliputi penilaian hard skills yakni evaluasi seberapa ketepatan pada metode yang dipakai, penilaian softskill merupakan evaluasi tingkatan sikap tanggung jawab, dan evaluasi kemandirian dalam belajar . | 5 6 7 | 3 | 10 |