Prodi S1 Teknologi Informasi

Ketua Program Studi Teknologi Informasi

This image has an empty alt attribute; its file name is Bu-Zah-850x1024.jpg

Zahra Arwananing Tyas, S.Kom., M.Cs.

Teknologi Informasi UNISA Yogyakarta adalah Program Studi yang akan memberikan masa depan cerah dan berkemajuan. Di Era Digital semua ranah bidang memerlukan orang yang profesional teknologi Informasi. Jangan ragu untuk menjadi bagian pergerakan dan perubahan yang baik.

Visi dan Misi Program Studi Teknologi Informasi


Visi:

Menjadi Program Studi Berwawasan Kesehatan Pilihan dan Unggul dalam Bidang Teknologi Informasi Berdasarkan Nilai-nilai Islam Berkemajuan.


Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat pada bidang teknologi informasi berwawasan kesehatan dan berdasarkan nilai-nilai Islam Berkemajuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
  2. Mengembangkan kajian dan pemberdayaan perempuan dalam kerangka Islam Berkemajuan pada bidang teknologi informasi kesehatan.

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan teknologi informasi yang berakhlak mulia, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi berwawasan kesehatan, profesional, berjiwa entrepreneur, dan menjadi kekuatan penggerak (driving force) dalam memajukan kehidupan bangsa dalam bidang teknologi informasi kesehatan.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah dalam bidang teknologi informasi berwawasan kesehatan yang menjadi rujukan dalam pemecahan masalah.
  3. Menghasilkan karya inovatif dan aplikatif dalam bidang teknologi informasi berwawasan kesehatan yang berkontribusi pada pemberdayaan dan pencerahan.
  4. Menghasilkan model berbasis praktis pemberdayaan perempuan dalam bidang teknologi informasi berlandaskan nilai-nilai Islam berkemajuan.
  5. Menghasilkan pemikiran islam dan perempuan berkemajuan dalam bidang teknologi informasi sebagai penguat moral spiritual dalam implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Profil Lulusan:

Profil lulusan PSTI berupa profesi atau jenis pekerjaan atau bentuk kerja lainnya berdasarkan studi keterlacakan lulusan dari program studi sejenis tingkat lokal, nasional, regional ASEAN, dan/atau internasional.

  1. Perekayasa Jaringan (Network Engineer)

Lulusan memiliki kemampuan mengintegrasikan keterampilan teknis dan akademis untuk analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan serta mengelola sistem jaringan dan komunikasi berdasarkan nilai-nilai Islam Berkemajuan berwawasan Kesehatan.

  1. Perekayasa Perangkat Lunak (Software Engineer)

Lulusan memiliki kemampuan mengintegrasikan keterampilan teknis dan akademis untuk merancang, membangun, menerapkan, mengembangkan, menguji dan memelihara perangkat lunak serta data dan informasi berdasarkan nilai-nilai Islam Berkemajuan berwawasan kesehatan.

UNISA sebagai bagian dari persyarikatan Muhammadiyah/’Aisyiyah memiliki misi untuk mengembangkan nilai-nilai Islam Berkemajuan untuk memperkuat dua profil di atas. Oleh karena itu, lulusan PSTI UNISA juga dituntut untuk memiliki karakter sebagai berikut:

  1. Peneliti yang Pembelajar

Lulusan PSTI mampu menguasai konsep teoritis mengenai teknologi informasi kesehatan, sistem komputer dan perangkat lunak serta analisis sistem jaringan dan sistem basis data. Menguasai dasar pengetahuan yang mendukung perancangan teknologi informasi secara komperhensif dan berkelanjutan serta memiliki kemampuan dalam mengembangkan keilmuan yang dituangkan dalam karya ilmiah dan pengabdian masyarakat berdasarkan nilai-nilai Islam Berkemajuan.

  1. Penggerak di Masyarakat

Lulusan PSTI mampu menguasai dan menanamkan pengertian pengetahuan dalam bidang Teknologi Informasi untuk proses perencanaan, pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan sehingga terwujud profesional IT berdasarkan nilai-nilai Islam Berkemajuan berwawasan kesehatan.

  1. Technopreneur

Lulusan PSTI memiliki kemampuan membangun jaringan bisnis, memiliki kemampuan dalam bidang penjualan dan mengetahui etika bisnis dalam teknologi informasi serta mampu menangkap isu-isu lingkungan global dan lokal yang relevan dengan perkembangan teknologi informasi berdasarkan nilai-nilai Islam Berkemajuan berwawasan kesehatan.


Struktur Kurikulum:

Struktur Kurikulum disusun berdasarkan SK Mendiknas No. 232/U/2000 dengan pengelompokkan mata kuliah, yaitu : Mata Kuliah Logika Dasar Teknologi Informasi Kesehatan, Mata Kuliah Algoritma Teknologi Informasi Kesehatan, Mata Kuliah Perencanaan Teknologi Informasi Kesehatan, Mata Kuliah Pengaplikasian Teknologi Informasi Kesehatan, Mata Kuliah Rekayasa Teknologi Informasi Kesehatan, Mata Kuliah Pengelolaan dan Pemeliharaan Teknologi Informasi Kesehatan, Mata Kuliah Pengabdian Teknologi Informasi Kesehatan, dan Mata Kuliah Penelitian Teknologi Informasi Kesehatan. Dengan total SKS yang ditempuh oleh lulusan adalah 144 SKS dengan penjabaran mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan.