Profile

Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) secara resmi berdiri bersamaan dengan ditetapkannya peralihan dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Yogyakarta menjadi Universitas Aisyiyah Yogyakarta berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 109/KPT/I/2016 tanggal 10 Maret 2016 (bertepatan dengan hari Kamis tanggal 1 Djumadil Akhir 1437 H). FST UNISA didirikan untuk memayungi dua program studi baru, yaitu: Program Studi Arsitektur dan Program Studi Bioteknologi. Kemudian Menristek Dikti Pada Tanggal 26 Juli 2017 mengesahkan Prodi Teknologi Informasi dengan SK Nomor: 418/KPT/I2017 yang Telah serahkan oleh Kopertis tangal 7 Agustus 2017 dan dipersilahkan untuk beroperasi atau menerima mahasiswa baru sebagai salah satu prodi terbaru di Fakultas sains dan Teknologi.

Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UNISA Yogyakarta memiliki Tiga Program Studi di antaranya ada Program Studi Arsitektur (PSARS), Bioteknologi (PSBTK), dan Teknologi Informasi (PSTI).

This image has an empty alt attribute; its file name is f4126552-de8b-478b-b925-120741023c97-1024x724.jpg
Setifikat Akreditasi Program Studi Arsitektur

Program Studi Arsitektur Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta berdiri tanggal 10 Maret 2016. Dalam masa kurang lebih 3 tahun PSARS UNISA berhasil mendapatkan Akreditasi BAN-PT (B). PSARS UNISA sebagai Program Studi pertama di Indonesia dengan penciri “Health Architecture” di Indonesia. Penciri tersebut lebur dalam Cathurdarma yang diterapkan. Health Architecture merupakan sebuah pendekatan untuk merespon dan mengolah permasalahan dan tantangan arsitektur baik arsitektur secara umum yang mengedepankan Desain arsitektur dan lingkungan yang sehat bagi individu, masyarakat serta lingkungan sekitar maupun dalam bentuk fasilitas kesehatan. 

This image has an empty alt attribute; its file name is 2dac1c1b-a63e-4b6f-b809-11fe5ecbce82.jpg
Setifikat Akreditasi Program Studi Bioteknologi

Bioteknologi merupakan perpaduan dari beberapa cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, hewan, tumbuhan) dan materi biologis (virus, prion) maupun produk dari makhluk hidup (protein, enzim, senyawa aktif) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Saat ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasarkan pada biologi semata, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan ilmu murni lainnya, seperti biokimia, komputer, biologi molekular, mikrobiologi, genetika, kimia, matematika, dan sebagainya. Pengembangan kajian bioteknologi yang diterapkan pada Program Studi Bioteknologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta meliputi 2 bidang konsentrasi yaitu Bioteknologi Kesehatan dan Bioteknologi Pertanian. Program Studi Bioteknologi ini didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 109/KPT/I/2016 dan resmi berdiri pada tanggal 10 Maret 2016.

This image has an empty alt attribute; its file name is d0e81ab0-4f96-4be7-971a-286d9f99dd9d.jpg
Setifikat Akreditasi Program Studi Teknologi Informasi

Program Studi Teknologi Informasi (PSTI) Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta adalah salah satu program studi di UNISA yang menerapkan disiplin Ilmu Teknologi Informasi dan tren teknologi pada masa mendatang dengan melakukan perencanaan ide terhadap inovasi teknologi yang bercirikan KESEHATAN dan basis NILAI-NILAI ISLAM BERKEMAJUAN. Program studi teknologi informasi Universitas ‘Aisyiyah menyelenggarakan disiplin ilmu teknologi informasi yang berintegrasi pada bidang ilmu kesehatan melalui mata kuliah unggulan diantaranya sistem informasi kesehatan, teknologi informasi kesehatan, dan sistem informasi manajemen rumah sakit.

Nilai-nilai Fakultas Sains dan Teknologi mengacu kepada Nilai dasar UNISA yang memiliki makna keislaman dan keilmuan yang digunakan sebagai landasan untuk membangun keunggulan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi guna mewujudkan visi dan misi Universitas. Nilai dasar yang dianut UNISA Yogyakarta adalah sebagai berikut:

AMANAH
Setiap civitas akademika UNISA menjaga kepercayaan sehingga pihak lain berpikiran positif dan menaruh kepercayaan yang tinggi dalam berinteraksi dan bekerjasama yang dapat memberikan outcome yang positif bagi kemajuan UNISA. Bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai dan kebijakan organisasi serta kode etik profesi dalam setiap perbuatannya dan menjaga kepercayaan sehingga pihak lain berfikiran positif.

PROFESIONAL
Setiap civitas akademika UNISA dituntut sepenuhnya menggunakan keahlian dan keterampilan dalam bekerja dan beraktivitas yang menjadi hak dan kewajibannya untuk memajukan UNISA.

IMAN, ILMIAH dan AMALIAH
Nilai dasar utama dalam penyelenggaraan UNISA sebagai perguruan tinggi ‘Aisyiyah. Dalam diri setiap civitas akademika UNISA harus tertanam integritas keimanan, keilmuan, dan amaliah yang tinggi.

MORALITAS
Suatu pikiran, sikap, ucapan, perilaku, dan tindakan setiap civitas akademika UNISA yang memiliki nilai positif yang berbasis nilai-nilai Islam serta etika keilmuan dan profesi.

EXCELLENT
Setiap civitas akademika UNISA harus berusaha semaksimal mungkin untuk berkarya dan prestasi atau pelayanan istimewa yang lebih dari rata-rata sehingga dapat menghasilkan keunggulan di segala aspek yang menjadi komitmen dan usaha UNISA.