Sambutan Dekan

This image has an empty alt attribute; its file name is 1619446115716-5-1024x682.jpg

Hapsari Wahyuningsih, S.T., M.Sc.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Puji Syukur senantiasa kita panjatkan atas  limpahan Rahmat dan Hidayah Allah SWT selalu menyertai kita sekalian , Sholawat serta salam kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Sehingga kita semua masih diberikan  kemampuan untuk  berperan serta dalam dalam membangun bangsa dan negara  tercinta Republik  Indonesia terutama dalam bidang Pendidikan Tinggi . 

Fakultas Sains dan Teknologi atau FST UNISA Yogyakarta saat ini mengelola 3 program Studi yaitu Program Studi Sarjana Arsitektur, Program Studi Sarjana Bioteknologi dan Program Studi Sarjana Teknologi Informasi. Sebagai sebuah Fakultas yang memiliki usia genap 5 tahun pada tahun 2021 ini , maka inovasi Pendidikan Tinggi masih terus kami lakukan  termasuk  seluruh Program studi di lingkungan FST UNISA Yogyakarta telah memiliki akreditasi B dari BAN PT sejak tahun 2019 atau terhitung hanya dalam  kurun waktu 3 tahun. Hal tersebut menunjukkan komitmen FST UNISA Yogyakarta   untuk terus memperbaiki kualitas dan mutu Pendidikan tinggi dalam upaya memberikan bekal para lulusan untuk menghadapi dan menjalani  era industry 4.0 atau era disruptif  serta membentuk pribadi yang Professional Qurani. Di awal berdirinya FST UNISA Yogyakarta memiliki tujuan menghasilkan lulusan yang beraklak mulia . menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang sains dan teknologi ,berjiwa enterpreuner serta memiliki sikap professional untuk menjadi kekuatan penggerak (driving force) dalam memajukan kehidupan bangsa. 

UNISA Yogyakarta memiliki visi “Menjadi Universitas Berwawasan Kesehatan Pilihan Dan Unggul Berdasarkan Nilai-Nilai Islam Berkemajuan” menjadi arah visi FST UNISA Yogyakarta yaitu “Menjadi Fakultas Pilihan dan Unggul dalam Bidang Sains dan Teknologi Berwawasan Kesehatan Berdasarkan Nilai-Nilai Islam Berkemajuan”. Mendasarkan pada Visi Fakultas maka tiap Program Studi di Lingkungan FST UNISA Yogyakarta memiliki penciri keilmuan sesuai bidang masing-masing, Program Studi S1 Arsitektur memiliki penciri dan keunggulan yaitu Arsitektur Berwawasan Kesehatan, Program Studi S1 Bioteknologi memiliki penciri dan keunggulan yaitu Bioteknologi Pertanian Berwawasan Kesehatan serta Program Studi S1 Teknologi Informasi memiliki penciri dan keunggulan yaitu Teknologi Informasi Berwawasan Kesehatan.

Saat ini kreativitas dan inovasi menjadi kata kunci penting untuk turut serta ambil bagian dalam  pembangunan Pendidikan tinggi di Indonesia yang berkelanjutan. Untuk itu FST telah mengadopsi beberapa model Bentuk Kegiatan Pembelajaran  program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Diantaranya yaitu program Pertukaran Pelajar (student exchange) dengan Universiti Malaysia Pahang dan Universiti Teknologi MARA Malaysia (UiTM), Program Magang (PKL) dengan mitra industri diantaranya  Balai Penelitian dan Pengkajian Bahan Alam-LIPI , perusahaan start up serta jaringan RS PKU di Indonesia termasuk juga mitra-mitra persyarikatan. Mitra FST dalam mengembangkan dan melaksanakan Tridharma PT termasuk Penelitian dan Pengabdian  hingga saat ini tercatat lebih dari  60 mitra Kerjasama baik dalam maupun luar negeri yang terdiri dari Mitra Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri , mitra Asosiasi, mitra dunia industri termasuk pula mitra persyarikatan Muhammadiah maupun persyarikatan ‘Aisyiyah . 

Di usia yang tergolong masih muda, Fakultas Sains dan Teknologi UNISA Yogyakarta telah mentorehkan berbagai macam prestasi mahasiswa baik skala Nasional maupun Internasional baik di bidang Akademik maupun bidang Non Akademik. Pada tahun ajaran 2020/2021 selama 1 semester yaitu semester gasal , FST berhasil meraih kejuaraan tingkat internasional sebanyak 7 prestasi internasional dan 10 prestasi nasional. Pada tahun 2020/2021 FST menerima Penghargaan “Bakti Untuk Negeri” pada Peringatan Milad Muhammadiyah ke-108 berdasarkan Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah No 4424/KEP/I.0/D/2020 atas prestasi Karya di Bidang Inovasi Teknologi dalam Penanggulangan Covid-19. 

Dengan kekuatan dan keunggulan peraihan prestasi mahasiswa yang tidak pernah berhenti serta dukungan Sistem Manajemen Mutu dalam pelaksanaan proses akademik, semakin meneguhkan komitmen FST untuk mempersiapkan lulusan sebagai pemimpin di masa depan. Akan tetapi dengan tantanganyang semakin kompleks di masa depan , maka FST akan senantiasa terus meningkatkan kualitas Pendidikan tinggi agar dapat membawa manfaat bagi mahasiswa, masyarakat hingga negara. Semoga Allah SWT selalu membimbing dan meridhoi niat serta langkah kita dalam mengemban amanah dalam membangun kemajuan bangsa. 

Akhir kata , Selamat datang di web FST UNISA Yogyakarta, semoga informasi pada website ini dapat memberikan gambaran sekilas tentang Fakultas Sains dan Teknologi, UNISA Yogyakarta.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Dekan,

 

Hapsari Wahyuningsih, S.T.,M.Sc