Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi

S1 Arsitektur

Lihat Profil

S1 Bioteknologi

Lihat Profil

S1 Teknologi Informasi

Lihat Profil

Program Studi S1 Arsitektur

Gelar & Strata
Sarjana Arsitektur (S. Ars.) – Sarjana (S1)


Akreditasi
Akreditasi Nasional
SK BAN-PT No. 828/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019.
Berlaku hingga tahun 2024


SK & Sertifikat Akreditasi
SK Akreditasi (BAN-PT)
Sertifikat Akreditasi (BAN-PT)


Kampus
Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63 Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta. 55292
Telepon: (0274) 4469199, Fax.: (0274) 4469204

Profil

Visi

‘Menjadi Program Studi yang pilihan dan unggul di Bidang Perancangan Arsitektur berwawasan Kesehatan ‘Health Architecture’ berbasis Nilai-Nilai Islam Berkemajuan”

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis arsitektur berwawasan kesehatan dan berdasarkan nilai-nilai Islam Berkemajuan.
  2. Menghasilkan Sarjana Arsitek yang unggul dalam merancang di bidang Arsitektur berwawasan Kesehatan yang mampu memenuhi kebutuhan dunia kerja baik nasional dan internasional.
  3. Mengembangkan kajian dan pemberdayaan perempuan dalam kerangka Islam Berkemajuan dalam kegiatan perancangan yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan teknoloi untuk mewujudkan kemampuan berkarya di bidang Arsitektur berwawasan Kesehatan.
  4. Menyelenggarakan tata kelola prodi arsitektur yang baik dan amanah secara berkelanjutan dan berakreditasi.
Tujuan
  1. Terwujudnya pendidikan perancangan dan penelitian yang diarahkan pada pengembangan pengetahuan dan teknologi khususnya Bidang Arsitektur Berwawasan Kesehatan
  2. Terwujudnya karya-karya perancangan arsitektur berwawasan kesehatan yang bersifat aplikatif dan menjadi rujukan dalam pe mecahan masalah di bidang Arsitektur.
  3. Terwujudnya tata kelola program studi yang baik berlandaskan etika akademik serta menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Islaman untuk kemaslahatan umat manusia.
Sistem Pendidikan

Kurikulum Program Studi Arsitektur UNISA Yogyakarta yang disusun pada tahun 2016 menggunakan acuan yang berdasarkan KKNI, statuta Universitas, hasil rakernas APTARI (Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia) dan 13 kompetensi profesi arsitek yang dijabarkan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) dilaksanakan dalam bentuk satuan kredit semester.

Lulusan program studi Arsitektur UNISA Yogyakarta memiliki kompetensi penciri serta tambahan yaitu lulusan mampu mengaplikasikan ketrampilan dan pengetahuannya di bidang perancangan arsitektur, menyelesaikan masalah arsitektur, menjawab tantangan dan isu baik arsitektural maupun non arsitektural dengan basis konsep ‘health architecture’. Health Architecture merupakan pendekatan yang digunakan dalam melihat, merespon dan mengolah permasalahan dan tantangan arsitektur baik arsitektur secara umum maupun fasilitas kesehatan dengan studi lingkungan yang sehat dan berkelajutan, yang diharapkan mampu menghasilkan  ide dan solusi desain yang kreatif, inovatif dan berkelanjutan. Sehingga mampu menciptakan lingkungan yang sehat bagi individu, masyarakat serta lingkungan sekitar. Kompetensi penciri diharapkan dapat memperkuat speliasi kompetensi bagi lulusan.

Lama Studi

Kelas Reguler: 8 semester, 144 sks (4 Tahun)
Gelar akademik: S. Ars.

Metode Pembelajaran

  1. Perkuliahan teori dilakukan dengan pendekatan Student Centered Learning (SCL), dengan metode small group discussion, simulation, case study, discovery learning (DL), self directed (learning (SDL), cooperative learning (CL), collaborative learning (CBL), contextual instruction (CI), project based learning (PJBL) dan Problem based learning an Inquiry (PBL).
  2. Studio arsitektur dilaksanakan di studio.
  3. Praktik Kerja Lapangan (PKL).
  4. Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Program Sertifikasi

  1. Pra Akademik
  2. Baitul Arqam Purna.
Dosen
  1. Aprodita Emma Yetti,, St.,M.Sc
  2. Hapsari Wahyuningsih,, St, M.Sc
  3. Indah Pujiyanti, St., M.Sc
  4. Tika Ainunnisa Fitria, St, M.T
  5. Riri Chairiyah, , St.,M.Arch
  6. Ardiansyah Rahmat Hidayatullah, S.Ars., M.Arch
Fasilitas
  1. Studio Arsitektur
  2. Laboratorium Perancangan, Teknologi Bangunan, Digital
  3. Kelas Teori
  4. Exhibition Space
  5. Jurnal
  6. Perpustakaan
  7. Bengkel Arsitektur
  8. E-Learning
  9. Sarana Olah Raga
  10. Klinik
  11. Akses Wifi
Profil Lulusan
  1. Akademisi – Peneliti
    Dosen, Peneliti, Penulis Buku
  2. Praktisi – Arsitek Profesional
    Biro Konsultan Arsitektur, Instansi Pemerintah
  3. Praktisi – Terkait Arsitektur
    Kontraktor, Manajemen Kontruksi, Pengembang, Pembuat Kebijakan Arsitektur

Program Studi S1 Bioteknologi

Gelar & Strata
Sarjana Bioteknologi (S.Biotek.) – Sarjana (S1)


Akreditasi
Akreditasi Nasional
SK BAN-PT No. 824/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019
Berlaku hingga tahun 2024


SK & Sertifikat Akreditasi
SK Akreditasi (BAN-PT)
Sertifikat Akreditasi (BAN-PT)


Kampus
Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63 Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta. 55292
Telepon: (0274) 4469199, Fax.: (0274) 4469204

Profil

Bioteknologi merupakan perpaduan dari beberapa cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, hewan, tumbuhan) dan materi biologis (virus, prion) maupun produk dari makhluk hidup (protein, enzim, senyawa aktif) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Saat ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasarkan pada biologi semata, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan ilmu murni lainnya, seperti biokimia, komputer, biologi molekular, mikrobiologi, genetika, kimia, matematika, dan sebagainya. Pengembangan kajian bioteknologi yang diterapkan pada Program Studi Bioteknologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta meliputi 2 bidang konsentrasi yaitu Bioteknologi Kesehatan dan Bioteknologi Pertanian. Program Studi Bioteknologi ini didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 109/KPT/I/2016 dan resmi berdiri pada tanggal 10 Maret 2016.

Visi

Menjadi Program Studi Pilihan dan Unggul di Bidang Bioteknologi pertanian Berwawasan Kesehatan Berdasarkan Nilai-nilai Islam Berkemajuan

 

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan Bioteknologi jenjang Strata-1 (S1) yang sesuai dengan perkembangan mutakhir di bidang bioteknologi pertanian berwawasan kesehatan berdasarkan nilai-nilai Islam berkemajuan
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang diarahkan pada pengembangan pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang bioteknologi berwawasan kesehatan, beserta kehalalan produk hasil bioteknologi dengan berlandaskan etika akademik yang berbasis nilai-nilai Islam berkemajuan
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan bioteknologi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  4. Mengembangkan pemikiran Islam berkemajuan di bidang bioteknologi pertanian berwawasan kesehatan
Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan Sarjana di bidang bioteknologi yang berakhlak mulia, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, profesional, berjiwa entrepreneur, dan menjadi kekuatan penggerak (driving force) dalam memajukan kehidupan bangsa.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah di bidang bioteknologi pertanian berwawasan kesehatan yang menjadi rujukan dalam pemecahan masalah
  3. Menghasilkan karya inovatif dan aplikatif di bidang bioteknologi pertanian berwawasan kesehatan yang berkontribusi pada pemberdayaan dan pencerahan
  4. Menghasilkan model pengembangan bioteknologi pertanian berwawasan kesehatan yang berbasis praksis pemberdayaan perempuan berlandaskan nilainilai Islam Berkemajuan
  5. Menghasilkan pemikiran islam berkemajuan di bidang bioteknologi pertanian berwawasan kesehatan sebagai penguat moral spiritual dalam implementasi catur dharma perguruan tinggi.
Sistem Pendidikan

Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) dilaksanakan dalam bentuk satuan kredit semester. Perbaikan nilai mata kuliah dilakukan dengan sistem remedial yang diselenggarakan pada setiap semester.

Lama Studi

Kelas Reguler: 8 semester, 144 sks.
Gelar akademik: S. Biotek.

Metode Pembelajaran

  1. Perkuliahan teori dilakukan dengan pendekatan Student Centered Learning (SCL), dengan metode small group discussion, simulation, case study, discovery learning (DL), self directed (learning (SDL), cooperative learning (CL), collaborative learning (CBL), contextual instruction (CI), project based learning (PJBL) dan Problem based learning an Inquiry (PBL).
  2. Praktikum di laboratorium.
  3. Praktik Kerja Lapangan (PKL).
  4. Kuliah Kerja Nyata (KKN).
Sasaran Mutu
  1. Jumlah dan Peringkat Prodi Terakreditasi
  2. Jumlah prestasi mahasiswa tingkat nasional/internasional
  3. Persentase kelulusan tepat waktu
  4. Capaian kompetisi nilai-nilai keislaman mahasiswa sesuai faham muhammadiyah
  5. Jumlah dosen berjabatan akademik
  6. Jumlah dosen berpendidikan S3
  7. Jumlah penelitian berwawasan kesehatan
  8. Jumlah publikasi ilmiah dosen tingkat nasional/internasional
  9. Jumlah pengabdian berwawasan kesehatan
  10. Jumlah kegiatan pemberdayaan perempuan
  11. Jumlah community development kemitraan dengan Persyarikatan.
Fasilitas

Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Anatomi dan Fisiologi, Laboratorium Rekayasa Genetika, Laboratorium Analisis Makanan dan Minuman, Laboratorium Parasitologi, Laboratorium Hematologi, Kebun Percobaan Bioteknologi, Kebun Percobaan Bioteknologi, Green House Bioteknologi untuk menanam tanaman hasil dari kultur jaringan, dan lain-lain.

Dosen

Program Studi S1 Teknologi Informasi

Gelar & Strata
Sarjana Komputer (S.Kom.) – Sarjana (S1)


Akreditasi
Akreditasi Nasional
SK BAN-PT No. 3234/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019.
Berlaku hingga tahun 2024


SK & Sertifikat Akreditasi
SK Akreditasi (BAN-PT)
Sertifikat Akreditasi (BAN-PT)


Kampus
Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63 Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta. 55292
Telepon: (0274) 4469199, Fax.: (0274) 4469204

Profil

Program Studi Teknologi Informasi (PSTI) Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta adalah salah satu program studi di UNISA yang menerapkan disiplin Ilmu Teknologi Informasi dan tren teknologi pada masa mendatang dengan melakukan perencanaan ide terhadap inovasi teknologi yang bercirikan KESEHATAN dan basis NILAI-NILAI ISLAM BERKEMAJUAN. Program studi teknologi informasi Universitas ‘Aisyiyah menyelenggarakan disiplin ilmu teknologi informasi yang berintegrasi pada bidang ilmu kesehatan melalui mata kuliah unggulan diantaranya sistem informasi kesehatan, teknologi informasi kesehatan, dan sistem informasi manajemen rumah sakit.
Visi

Menjadi Program Studi Berwawasan Kesehatan Pilihan dan Unggul dalam Bidang Teknologi Informasi Berdasarkan Nilai-nilai Islam Berkemajuan.

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat pada bidang teknologi informasi berwawasan kesehatan dan berdasarkan nilai-nilai Islam Berkemajuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
  2. Mengembangkan kajian dan pemberdayaan perempuan dalam kerangka Islam Berkemajuan pada bidang teknologi informasi kesehatan.
Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan teknologi informasi yang berakhlak mulia, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi berwawasan kesehatan, profesional, berjiwa entrepreneur, dan menjadi kekuatan penggerak (driving force) dalam memajukan kehidupan bangsa dalam bidang teknologi informasi kesehatan.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah dalam bidang teknologi informasi berwawasan kesehatan yang menjadi rujukan dalam pemecahan masalah.
  3. Menghasilkan karya inovatif dan aplikatif dalam bidang teknologi informasi berwawasan kesehatan yang berkontribusi pada pemberdayaan dan pencerahan.
  4. Menghasilkan model berbasis praktis pemberdayaan perempuan dalam bidang teknologi informasi berlandaskan nilai-nilai Islam berkemajuan.
  5. Menghasilkan pemikiran islam dan perempuan berkemajuan dalam bidang teknologi informasi sebagai penguat moral spiritual dalam implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Sistem Pendidikan

Kurikulum PSTI UNISA disusun berdasarkan nilai-nilai perguruan tinggi (university values), visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, masukan dari tenaga ahli di Bidang Teknologi Informasi, benchmark dari prodi sejenis, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6, Majelis Dikti PPA (Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah), Rumusan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta dan Kurikulum Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) 2016.

Lama Studi

Kelas Reguler: 8 semester, 146 sks.
Gelar akademik: S.Kom

Metode Pembelajaran

  1. Perkuliahan teori dilakukan dengan pendekatan Student Centered Learning (SCL), dengan metode small group discussion, simulation, case study, discovery learning (DL), self directed (learning (SDL), cooperative learning (CL), collaborative learning (CBL), contextual instruction (CI), project based learning (PJBL) dan Problem based learning an Inquiry (PBL).
  2. Studio Teknologi Informasi dilaksanakan di studio.
  3. Praktik Kerja Lapangan (PKL).
  4. Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Program Sertifikasi

  1. Pra Akademik
  2. Baitul Arqam Purna.
Dosen
  1. Zahra Arwananing Tyas, S.Kom., M.Cs.
  2. Esi Putri Silmina, S.T., M.Cs.
  3. Tikaridha Hardiani, S.Kom., M.Eng
  4. Sadr Lufti Mufreni, S.Kom., M.Sc.
  5. Arizona Firdonsyah, S.Kom., M.Kom
  6. Danur Wijayanto, S.Kom., M.Cs.
Fasilitas
  1. Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak
  2. Laboratorium Jaringan Komputer
Profil Lulusan

Profil lulusan PSTI yang ditetapkan adalah

  1. Perekayasa Perangkat Lunak (Software Engineer) : Lulusan memiliki kemampuan mengintegrasikan keterampilan teknis dan akademis untuk merancang, membangun, menerapkan, mengembangkan, menguji dan memelihara perangkat lunak serta data dan informasi berdasarkan nilai-nilai Islam Berkemajuan berwawasan kesehatan.
  2. Perekayasa Jaringan (Network Engineer) : Lulusan memiliki kemampuan mengintegrasikan keterampilan teknis dan akademis untuk analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan serta mengelola sistem jaringan dan komunikasi berdasarkan nilai-nilai Islam Berkemajuan berwawasan kesehatan.

Lulusan tersebut diharapkan mempunyai karakter sebagai berikut

  1. Peneliti yang Pembelajar : Lulusan PSTI mampu menguasai konsep teoritis mengenai teknologi informasi kesehatan, sistem komputer dan perangkat lunak serta analisis sistem jaringan dan sistem basis data. Menguasai dasar pengetahuan yang mendukung perancangan teknologi informasi secara komperhensif dan berkelanjutan serta memiliki kemampuan dalam mengembangkan keilmuan yang dituangkan dalam karya ilmiah dan pengabdian masyarakat berdasarkan nilai-nilai Islam Berkemajuan.
  2. Penggerak di Masyarakat : Lulusan PSTI mampu menguasai dan menanamkan pengertian pengetahuan dalam bidang Teknologi Informasi untuk proses perencanaan, pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan sehingga terwujud profesional IT berdasarkan nilai-nilai Islam Berkemajuan berwawasan kesehatan.
  3. Technopreneur
    Lulusan PSTI memiliki kemampuan membangun jaringan bisnis, memiliki kemampuan dalam bidang penjualan dan mengetahui etika bisnis dalam teknologi informasi serta mampu menangkap isu-isu lingkungan global dan lokal yang relevan dengan perkembangan teknologi informasi berdasarkan nilai-nilai Islam Berkemajuan berwawasan kesehatan.